Don’t compare to others!

Sewaktu browsing, cari2 tutorial, eh malah nemu artikel apik di iGoogle. Judul artikel na “Cara berhenti membandingkan diri dengan orang lain.” Check it out!😀

1. Sadarlah kalau mambandingkan diri dengan orang lain adalah kebiasaan yang buruk
Seringkali trend dan iklan membuat kita tidak puas dengan diri kita sendiri, mereka membiaskan kata kebahagiaan dengan kulit halus tanpa jerawat, gigi putih berkilau, rambut halus yang lurus, baju2 model terbaru, dan banyak hal lain yang tidak membuat diri kita tidak puas dengan apa yg kita punya sekarang. Trend juga seringkali berhasil mencuci otak kita hingga kita harus mengikuti sosok tertentu, bertingkah seperti sosok tertentu, dan berusaha sedekat mungkin menjadi sosok tertentu, padahal nyatana bahwa tiap orang mempunyai kepribadian yang berbeda. Berusaha menjadi orang lain, apalagi artis, adalah suatu cara baik untuk menurunkan kepercayaan diri km dan membuat km berfikir bahwa ada yang salah dengan diri km, itulah sebabna banyak orang pergi ke dokter untuk operasi plastic, sedot lemak, atau melakukan hal tertentu yang membuat mereka merasa akan lebih baik, padahal natana, setelah mereka melakukan hal itu, aka nada hal lain yang membuat mereka tidak puas dengan apa yang mereka punya saat itu.

2. Everybody is different!
Sadarkah km kalau km adalah limited edition dari Tuhan. Dia tidak menciptakan kita sebagai makhluk yg sama, manusia punya pemikiran yang berbeda, memandang object yang sama dengan perspektif yang berbeda, memiliki pengalaman hidup yang beda, dan punya perasaan yang berbeda pula, bahkan seorang anak kembar pun pasti punya banyak perbedaan dengan saudara kembarna, karena kita memang berbeda! Masih ada celah untuk membuat sedikit peningkatan dalam diri kita, tidak ada manusia yang sempurna, entah itu tampilan luar ataupun tampilan dalam. Daripada memikirkan kenapa kita tidak sama dengan dia, lebih baik mulai berpikir hal apa yang membuat kita tidak bisa disamakan dengan orang lain?

3. Jangan takut untuk menjadi diri sendiri
Entah itu usia, warna kulit, agama, ras, jenis kelamin, atau apapun itu, jangan pernah ragu untuk menjadi siapa km sebenarna. Tidak ada orang lain selain dirimu yang bisa mendikte tentang apa yg harus km lakuin, apa yg harus km pikirin, atau hal yg harus km percayain. Hak untuk mengontrol diri km sudah diberikan Tuhan hana kenapa km, tidak dibagi pada orang lain. Use it wisely!

4. Memaafkan dan Belajar
Akuilah bahwa menyimpan dendam itu adalah hal yang tidak baik, dendam membuat km tidak focus dengan apa yg sebenarna km butuhkan dalam hidup. Bebaskanlah hidupmu, belajarlah kesalahan apa yg membuat km sakit dan cobalah untuk menghindari itu di masa depan.

5. Akuilah bahwa ada hal yang tidak mungkin
Km mungkin sering dengar “tidak ada yang tidak mungkin”, namun natana kalimat itu adalah sebuah penolakan dan harapan palsu. Manusia tidak mungkin bisa terbang, memutar waktu, merubah masa lalu, teleportasi, hidup abadi, disukai semua orang, atau berubah menjadi orang lain. Tidak usah lagi ada kalimat “Seandaina aku jadi dia…” hargailah siapa km sekarang! Bermimpi memang indah, dan hal pertama yg km lakukan untuk mewujudkan mimpi itu adalah bangun!

6. Berjalanlah seirama dengan perubahan
Tidak ada hal yang tidak berubah, dan manusia sebagai pelaku social, tentu harus menyesuaikan dengan perubahan itu. Seorang istri yang sudah menikah 35 tahun dengan suamina saja masih bisa berubah perasaanna, itu adalah alur hidup, dan hal yang harus kita lakukan hanalah menyesuaikan. Jangan sampai perubahan itu menghilangkan jati diri dan kodrat kita sebagai manusia.

7. Do it for you, not others!
Lakukanlah sesuatu karena km mau, bukan karena keinginan orang lain. Janganlah daftar ke kuliah management karena orang tuamu menyuruhmu, janganlah merubah tatanan rambutmu karena pacarmu tidak suka tatanan rambutmu sekarang, janganlah merokok supaya terlihat keren di hadapan cewe’2. Ada banyak hal yang lebih bermanfaat untuk dilakukan daripada memuaskan keinginan orang lain.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s