Shawshank Redemption (1994)

i know i know, susah memang buat ngucapin judul film diatas. aku aja harus bolak-balik liat reference saking susahnya judul dari film ini😐

so here it goes, Shawsank adalah nama sebuah penjara. sedangkan redemption artinya penebusan. Shawshank Redemption adalah sebuah film lama, yap tahun 1994 dimana waktu itu aku masih berumur 5 tahun, film ini diangkat dari novel karya bapak fiksi horror dunia, Stephen King. aku juga sebenarnya jarang nonton film jadul kecuali ada yang nyaranin, dan alasan aku nonton film ini adalah film ini berada di ranking 1 di website IMDB. jelas donk aku pengen nonton, IMDB kan website yang juga tidak sembarangan.

karena ini film tahun 90’an jadi aku ga banyak yang kenal dengan aktornya, ntar kenalan sendiri aja deh — Loh kok?! cuma yang pasti, aktor kawakan Morgan Freeman jadi salah satu pemeran utama di film ini. langsung aja share sedikit ceritanya yah :

pada suatu hari — halah — seseorang bernama Andy dituduh membunuh istrinya yang selingkuh, istrinya dan selingkuhannya ditembak sampai mati dan Andy lah yang jadi tertuduh. karena sebelumnya memang ada cekcok antara andy dan istriya, maka status andy dinyatakan bersalah dan dia dihukum seumur-hidup di Shawshank, penjara tempat Red (morgan freeman) dipenjara. profesi Andy sebenarnya adalah seorang bankir, a vice president of a bank. jadi bisa dinyatakan dia orang yang lumayan pintar dan cerdas.

hari2 di penjara membuat andy stress, untuk membuat otaknya tetap jalan dia pengen ngelakuin sesuatu yaitu ngukir batu. dan untuk ngukir dia butuh alatnya yang dia bisa dapetin dari si pendatang barang, yaitu si red! disanalah mereka ketemu. Andy merasakan bagaimana ga enaknya hidup di penjara, mulai dari dikerjain kaum homo, disiksa sama penjaga penjara, dan lain2, tapi karena Andy adalah tipe orang yang ga bisa pasrah ajah, maka dia bisa naek jabatan mulai dari ngurusin laundry naek jadi librarian, bahkan karena kepintarannya si andy disuruh ngurusin keuangan kepala penjara dan teamnya, kepala penjara pengen mencuci uang kotornya maka si andy dilibatkan. begitulah si andy ngejalanin hidupnya selama 19tahun di penjara, sampe akhirnya ada seorang napi baru yang membuka tabir kebenaran — ampun bahasanya!

jadi napi baru itu bilang kalo dia perna satu sel di penjara lain dengan orang yang sebenarnya ngebunuh istri dan pacar istrinya andy. nah loh, berarti si andy memang tidak bersalah. sayangnya, kepala penjara tidak mau kehilangan orang yang bisa bikin duitnya ngalir terus, maka dia dengan kejamnya membunuh si napi baru itu, how mean!

si andy yang capek dengan semua kebusukan di penjara, akhirnya memutuskan untuk kabur dari penjara dan dia berhasil. red dan temen lainnya cuma bisa tertawa2 karena andy akhirnya bisa kabur dari shawshank. andy bukan hanya kabur, tapi dia berhasil memberitakan mengenai korupsi dan pembunuhan di shawshank yang akhirnya membuat si kepala penjara bunuh diri karena malu kalee yah, atau mungkin dia ga mo di penjara. thats pretty much it

cerita di film ber setting tahun 1948an ini memang bercerita tentang kecerdasan seorang bankir yang menjadi napi. hal yang menarik adalah kita bisa melihat sisi lain dari penjara. i mean bagaimana seseorang yang bebas penjara lebih milih untuk berada di penjara atau bahkan bunuh diri daripada hidup bebas di luar shawshank, alasannya sederhana yaitu karena tembok-tembok penjara sudah terasa seperti rumah. gimana ga kerasa kaya rumah kalo hukumannya aja 40 atau 50tahun. jadi pada waktu di penjara mereka ngerasa menjadi somebody sedangkan di dunia luar mereka adalah nobody.

well, it’s totally great movie. i love it and give 5 stars to this one. check the movie if you wish😀

 

listen to : shoot the moon – norah jones.

5 thoughts on “Shawshank Redemption (1994)

  1. lagi donlot ni pelem.
    penasaran kok bisa jadi no. 1 di top 250 imdb, ditambah lagi karena tertarik yg buat film ini ternyata yg buat walking dead juga😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s